Membuat Sketsa Wajah Dengan Pantograph

Posted: Oktober 29, 2009 in Dunia Seni

Melukis sketsa wajah memang tidaklah gampang apalagi dikerjakan  oleh orang yang tidak berbakat, tetapi dengan  mengikuti tekniknya dan dengan latihan yang terus -menerus, setiap orang dimungkinkan  bisa melukis sketsa wajah dengan cukup baik.

Untuk memudahkan kita dalam  melukis sketsa wajah, kita juga bisa menggunakan sebuah alat  sederhana  yang  disebut Pantograph . Untuk itu ada baiknya sebelum kita membahas cara melukis sketsa wajah ini kita bahas terlebih dahulu tentang Pantograph.

Bagi sebagian orang mungkin banyak yang tidak mengenal dengan alat yang biasa disebut Pantograph, padahal alat ini keberadaannya sudah ada sejak tahun 1603 yang berasal dari negeri roma dan tersebar sampai kepenjuru dunia. Phantograph pada zaman dahulu sering dipergunakan untukmembuat duplikat gambar dan membuat diagram. Dan skalanya dapat diperbesar atau dikurangi. Seiring dengan kemajuan iptek sekarang keberadaannya sudah tergantikan oleh mesin foto copy atau alat lain yang mempunyai fungsi dapat membuat duplikat gambar seperti faximile, scanner dll.

mungkin sekarang hanya segelintir orang yang menggunakan alat ini, seperti pelukis dipinggir jalan atau orang yang sudah mengenal pantograph. Bahkan sebagian kecil dari siswa disekolah ada yang pernah menggunakan alat ini.

Memang untuk dapat menguasai pantograph kita harus belajar dengan sabar dan sering berlatih.
Selain membuat duplikat gambar alat ini dapat melatih kesimbangan antara otak kanan dan kiri. dimana pendidikan sekarang lebih banyak mengutamakan teori dibandingkan eksperimental. Konon otak kiri banyak bertanggung jawab atas aktivitas yang melibatkan kemampuan analisis, matematis dan detil (ciri-ciri yang dimiliki para akademisi, pemikir, maupun orang-orang berpendidikan tinggi), sedangkan otak kanan terkait dengan intuisi, kreatifitas dan berpikir secara makro.

Pantograph ini sempat buming sekitar tahun 90-an, ketika itu Saya masih duduk dibangku SD.  Saat itu pantograph selain dipakai untuk buat sketsa wajah, juga biasa digunakan untuk keperluan memperbersar gambar lainnya seperti peta / atlas karena  dengan pantograph ukuran skalanya bisa diperbesar secara akurat.

mungkin hanya itu dulu yang dapat saya tulis lain kali kita sambung kembali. So bagi pembaca yang ingin tau lebih banyak tentang pantograph, dapat kirim email ke: almira_khanza@yahoo.com

About these ads
Komentar
  1. nada mengatakan:

    Dimana saya bisa mendapatkan pantograph? dan harganya berapa?

  2. riyana mengatakan:

    ada gak se buku yang mengupas tuntas tentang cara membuat sketsa wajah bagi pemula? lo ada judulnya apa N dijogja tempat yang banyak jual buku to dmn yawh?????????

  3. abdazizs mengatakan:

    kira2 harganya brapa yach…???

  4. fiqh mengatakan:

    mas sya pgn tanya,,yang jual pantograph dmn??harganya berapa?posisi saya di jakarta

  5. fiqh mengatakan:

    gan dijakarta yg jual pantograph dmn??

  6. Sitia mengatakan:

    Dimana saya bisa beli pantograf itu ya? Mohon info.

  7. Tanggulangin mengatakan:

    Kalo di sidoarjo jawa timur beli d mana ya?

  8. PANTHOGRAP mengatakan:

    Bisa minta info,klo di sidoarjo beli di mana ya?

  9. rachmat hidayat mengatakan:

    saya perlu bantuan sedikit,, krn sy tinggal diPontianak-Kalbar. Agak susah mencari Pantograph. Mohon bantuannya agar bisa dipesankan & dikirm alatnya,, trus info harganya & pembayaran via apa ?

    Thx

    • Atep Heryanto mengatakan:

      Untuk yg membutuhkan alat Pantograph bisa menghubungi saya langsung….untuk pemesanan bisa melalui SMS ke 085794188750 nanti untuk info selengkapnya Saya krim via sms balasan.Terima kasih.

  10. Ika Tanggamus mengatakan:

    saya belum tau bagaimana cara membuat media tempat melukis yang awet dan keren tapi ga’k terlalu mahal..

  11. ifa mengatakan:

    hadeh, dulu punya trus mangkrak trus hilang msh bingung makainya…

  12. mira mengatakan:

    dulu pernah punya, memang betul tahun 90an, dan saya suka sekali dengan hasil lukisan memakai pantograph. Mudah dan akurat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s