MEDIA DAN ALAT ILUSTRASI

Posted: November 8, 2009 in Dunia Seni

Untuk memulai proses menggambar ilustrasi ,  pertama-tama kita  harus memahami tentang seluk beluk  media &  alat yang akan digunakan, agar hasil yang didapatkan menjadi hasil yang maksimal…

Berikut akan dipaparkan mengenai media dan alat yang biasa dipergunakan dalam membuat gambar ilustrasi…

1. KERTAS GAMBAR

Kertas yang baik untuk menggambar khususnya untuk ilustrasi adalah kertas Padalarang dan kertas Aquareel. Kertas tersebut mudah menghisap air dengan baik.

2. PENSIL

Menurut tingkatannya pensil dapat digolongkan menjadi :

a. Pensil lunak yaitu pensil yang biasa menggunakan kode dengan huruf “B” ( 2B sampai 8B ), semakin tinggi angkanya semakin lunak. Pensil ini biasa digunakan untuk mengeblok tingkat gelap dalam obyek.

b. Pensil Sedang yaitu pensil yang biasa diberi kode dengan huruf “ HB” artinya perpaduan antara keras dan lunak. Pensil ini biasa digunakan untuk membuat sket. Sket adalah gambar global atau rancangan yang masih ada proses lebih lanjut. Sketza adalah gambar global atau rancangan yang sudah dianggap jadi.

c. Pensil Keras adalah pensil yang biasa diberi kode dengan huruf “H” (2H sampai 4H), semakin tinggi angkanya semakin menunjukkan keras. Pensil ini biasa digunakan untuk gambar teknik.

d. Pensil konte yaitu pensil sebagai pengganti pensil “B” – Konte soft yaitu konte jenis lunak. – Konte medium yaitu konte jenis sedang. – Konte hard yaitu konte jenis keras.

3. CAT AIR

Teknik penggunaan cat air yang benar adalah teknik transparan atau lebih dikenal dengan istilah aquareel. Dalam teknik ini tidak mengenal warna putih.

4.CAT PLAKAT/ CAT POSTER.

Penggunaan cat ini lebih kental dibandingkan dengan cat air sehingga permukaan kertas tertutup sama sekali.

5. EKOLIN

Adalah semacam zat pewarna dalam bentuk tinta yang sudah siap untuk dipakai. Tinta ini mempunyai keistimewaan warna yang sangat cemerlang dan akan lebih baik bila digunakan pada kertas yang permukaannya rata.

6. TINTA HITAM GAMBAR

Tinta ini sering disebut pula dengan tinta HINDIA (Ost Indiche Inkt). Karena mengandung zat asam yang kuat maka tinta sangat mudah merusak kuas. Menurut jenisnya tinta ini dibagi menjadi 2 yaitu :

a. Tinta China yaitu tinta yang sangat halus dan tidak mudah luntur yang sekarang berkembang menjadi tinta rotring dan standler.

b. Tinta Bak yaitu tinta yang sangat kasar dan mudah luntur.

7. KUAS

Untuk kepentingan menggambar ada berbagai macam bentuk kuas dan ukuran. Kuas untuk cat air lain dengan kuas untuk cat minyak. Kuas untuk cat air yang baik adalah kuas yang ujung bulunya meruncing , sedangkan kuas untuk cat minyak bulunya agak kaku.

8. PENA

Untuk kepentingan menggambar, pena terbagai menjadi :

1. Pena Hindu yaitu pena yang mempunyai goresan garis sangat jelas, pena ini sering digunakan untuk membuat rendering meskipun pada jaman dulu digunakan untuk menulis.

2. Pena Redis yaitu pena yang mempunyai goresan garis sangat tebal merata dan tetap. Pena ini biasa digunakan untuk mengeblok.

3. Pena Rondschrift yaitu pena yang mempunyai goresan garis dua macam sekaligus. Pena ini sangat baik digunakan untuk menulis indah atau kaligrafi.

Sumber :http://pakpar59.blogspot.com

Komentar
  1. nada mengatakan:

    untuk melukis di kanvas sebaiknya pakai cat jenis apa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s