Desktop Virtual Ncomputing, Solusi Komputer untuk Semua

Posted: November 10, 2009 in Dunia Teknologi

Untuk anak-anak yang bersekolah di kota besar, komputer bukanlah sesuatu yang baru dan asing. Namun, apa kabar dengan sekolah yang letaknya di desa-desa terpencil?

Untuk itulah, teknologi ?desktop virtual’ hadir menjembatani kesenjangan digital serta melibas keterbatasan infrastruktur, jarak yang terpencil, hingga keterbatasan dana sekolah untuk memiliki fasilitas komputer. Teknologi desktop virtual ini mampu menduplikasi sebuah komputer model PC menjadi banyak. Caranya cukup dengan menyediakan monitor, keyboard dan mouse tambahan yang lalu disambungkan ke satu komputer PC menggunakan sebuah alat kecil sederhana yang harganya sangat terjangkau.

Dengan demikian, maka hanya dengan modal satu komputer saja, banyak pengguna dapat menikmati akses komputer sebagaimana layaknya memiliki banyak komputer. Selain itu, teknologi desktop virtual merupakan solusi atas masalah utama, yaitu masalah biaya untuk membeli komputer serta biaya perawatan yang tinggi.

Nah, Alat untuk menikmati ?desktop virtual’ yang diciptakan NComputing yang merupakan pemimpin pasar untuk desktop virtual misalnya, dapat diperoleh dengan harga di bawah Rp 1 juta untuk setiap pengguna, jauh lebih murah dibandingkan jika membeli sebuah komputer model PC biasa yang harganya bisa lebih dua kali lipat. “Desktop virtual dari Ncomputing juga sangat hemat listrik, karena membutuhkan cuma satu watt listrik saja.

Dan secara keseluruhan, ruangan komputer sekolah hanya memerlukan generator kecil untuk mensuplai listrik tanpa henti, sehingga semua murid sekolah dapat menggunakan komputer mereka kapanpun,” ujar Manis Sharma, Vice President NComputing, dalam keterangan resminya, Jumat (1/5/2009). Akhirnya, semua solusi berujung pada pertimbangan penting yaitu biaya jangka panjang dalam berinvestasi untuk penyediaan sarana komputer.

Dengan solusi desktop virtual, karena hanya menggunakan satu komputer saja, maka saat dirasa perlu mengganti komputer, cukup mengganti satu komputer saja untuk meng-upgrade sekian banyak desktop. Alat penghubung desktop virtualnya sendiri tidak perlu diganti, cukup dengan menghubungkan kembali alat tersebut ke komputer PC baru, maka setiap pengguna dapat menikmati kinerja yang lebih baik sesuai performa komputer yang sudah ditingkatkan tersebut.

sumber : http://m.okezone.com

Komentar
  1. devo avidianto p mengatakan:

    salam kenal teman, posting yang menarik

    • Atep Heryanto mengatakan:

      Ok, slm kenal jg….thx yah untuk komen nya
      masyarakat kita saat ini memang menantikan inovasi2 dibidang IT, untuk memeratakan pengadaan fasilitas komputer khususnya untuk dunia pendidikan, yah tentunya dengan harga yang lebih terjangkau…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s