Panduan Mengamankan Data Pribadi di Dunia Digital

Posted: November 21, 2009 in Dunia Teknologi

Kebanyakan orang sering melakukan kesalahan seperti ; tidak mem-back up file penting, membuka file asing dalam email, dan menggunakan password yang mudah ditebak. Contoh tersebut adalah sebagian kecil dari kesalahan sederhana yang bisa berujung pada bencana seperti hilangnya data, infeksi virus ke PC dan pencurian data prinbadi.
Untungnya semua resiko tersebut bisa dihindari dengan beberapa langkah mudah. Pada kesempatan ini Saya akan memberitahukan pada Anda, pemula maupun mahir.

AMANKAN
1. Jangan Terinfeksi virus
Internet merupakan sumber informasi andalan, tapi juga tempat penularan virus berbahaya yang bisa merusak sistem PC Anda. Pasang program anti virus terbaik dan lakukan pemindaian virus secara teratur.
Symantec (http://www.symantec.com) dan McAfee (http://www.mcafee.com) menawarkan versi gratis program anti -virus bagi pengguna rumahan.

2. Tutup Rapat Pintu Dari Pencuri
Sebuah firewall melindungi Anda dari akses masuk dan keluar tanpa izin ke PC – mirip seperti pintu yang melindungi rumah dari pencuri.
Para pemula bisa menemukan software firewall gratisan dari Zone Alarm ( http://tinyurl.com/zoneal ) sebagai alternatif selain bawaan Windows.

3. Singkirkan Mata-Mata
Selain virus spyware merupakan software jahat yang tidak hanya mencuri informasi pribadi dari komputer Anda, tapi juga mengubah setting komputer. Pasang software anti -spyware gratisan seperti spybot (http://tinyurlcom/spybo) atau Ad-Aware (http://www.lavasoft.com) dan lakukan pemindaian teratur untuk melindungi diri dari mata-mata.

4. Buat Password Kuat
Tidak ada seorang pun yang ingin data pribadinya dicuri. Maka penting bagi pemula untuk membuat password yang kuat sejak awal.

Password buruk dan mudah ditebak biasanya menggunakan kata seperti ‘password’, password1′, atau ‘123456’. Password lebih baik namun tergolong lemah biasanya menggunakan informasi pribadi seperti nama atau tanggal lahir, informasi yang bisa ditemukan secara online. Kata yang diambil dari kamus bahasa Inggris mudah dibongkar menggunakan brute-force’ dictionary attack’.
Cara mudah membuat password kuat namun mudah diingat adalah dengan mengunakan password dasar dilengkapi dengan variabel. Misalnya, Anda bisa mengkombinasikan hurup dan angka tertentu disertai tiga huruf situs Web yang menjadi peruntukan password tersebut.
Password kuat seharusnya memiliki 14 karakter atau lebih, disertai angka. Cara mudah menggunakan nama atau singkatan yang bisa diingat. Menggunakan teknik tersebut, maka password Anda untuk Hotmail misaknya menjadi ‘siewhua17978hot’, siewhua17978gma’ untuk Gmail dan ‘siewhua17978fac’ untuk facebook jadi tidak banyak kata password yang harus diingat, tinggal dibedakan dari 3 hurup terakhirnya saja disesuaikan dengan web yang digunakan.
Gunakan pengecekan password milik Microsoft (http://www/tinyurl.com/mspass) untuk memeriksa seberapa kuat password Anda.
Saya cukupkan dulu sampai disini pembahasan tentang beberapa tips untuk proteksi data pribadi Anda di dunia digital, untuk lanjutannya bisa disampaikan pada postingan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s