Panduan Mengamankan Data Pribadi di Dunia Digital Part. II

Posted: November 22, 2009 in Dunia Teknologi

Kali ini Saya akan melanjutkan lagi pembahasan langkah-langkah untuk mengamankan data pribadi di dunia digital. Berikut uraiannya…..

LINDUNGI

1.Tidak Pernah Kehilangan File Lagi

Adalah bencana besar jika file penting Anda hilang begitu saja karena kerusakan hard disk. Lakukan back up file penting dalam flash disk, hard disk ekternal maupun CD/DVD secara rutin.

Pemula bisa menggunakan alternatif lebih baik melalui layanan back up online otomatis seperti Dropbox (http://www.getdropbox.com) yang menyediakan kapasitas penyimpanan 2 Gigabyte secara gratis dan menjamin keamanannya.

2. Gunakan KeePass Untuk Mengingat Password

Sulit mengingat username dan Password yang tersebar di seluruh web? Gunakan manajer password gratis KeePass (http://keepass.info) untuk menyimpan seluruh password Anda.

KeePass akan mengenkripsi password Anda dan mensyaratkan password utama untuk mengakses isinya. Cara ini lebih aman daripada menyimpan pasword pada secarik kertas yang mudah dilihat orang lain.

3. Jangan Buka Attachment Mencurigakan

Sebagian besar masalah virus dan spyware bisa dihindari dengan mengikuti cara mudahnya, untuk pemula : jangan pernah membuka attachment atau link mencurigakan, meski berasal ddari orang yang Anda kenal; karena PC mereka bisa saja terinfeksi virus. Terutama hindari men-download dan menjalankan file.exe (exeutable),.doc (Word), atau .xls (Excel) jika Anda tidak yakin.

4. Hati-hati Meng-upload Foto

popularitas Facebook membuat orang sering lupa bahwa saat sebuah gambar di-upload ke internet , maka foto tersebut bisa di-download dan menyebarkannya ke tangan banyak orang. Jika memiliki foto yang tidak ingin Anda tunjukan kesemua orang, jangan membaginya di Word Wide Web, dan jangan menyimpannya dalam perangkat penyimpanan portable yang mudah dicuri.

Amankan dalam komputer dan membaginya kepada teman saat mereka mampir ke rumah.

5. Jangan Tertipu

Phising terjadi ketika situs web palsu mencoba mencuri detil informasi log-in seseorang dangan menyamakan dirinya seperti situs asli.Email dari situs Paypal atau eBay palsu, atau bahkan pesan instan dari teman yang meminta Anda melihat foto dengan cara log-in adalah beberapa contoh Pishing.

Untuk melindungi diri, gunakan Firefox 3 (http://www.mozilla.com) sebagai browser utama, yang telah dilengkapi proteksi terhadap phising dan malware dan memberikan peringatan saat Anda mengunjungi situs mencurigakan.

6. Menggunakan Komputer Orang Lain?

Pernah menggunakan komputer orang lain untuk megecek email?

Gunakan Firefox, dan setelah selesai, klik Tool dan pilih Clear Private Data untuk menghapus data seperti browsing history dan informasi pribadi yang tersimpan seperti user name dan password. Bukan pengguna Firefox ? Pastikan Anda telah logout dari layanan email atau Facebook agar orang lain tidak bisa mengaksesnya.

Demikian langkah-langkahnya untuk bag. ke-2 …..tunggu postingan bagian ke -3 dst, mengenai tips selanjutnya…

Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s