Aiko, Sang Robot Feminim Yang Cerdas

Posted: Januari 24, 2010 in Dunia Teknologi

https://i1.wp.com/roboting.ru/uploads/posts/2008-08/1219835256_aiko.jpgSeorang pria yang tinggal di Brampton, Ontario, Kanada berhasil menciptakan sebuah robot perempuan yang bisa melakukan pekerjaan rumah tangga, membuat laporan keuangan dan bahkan membantunya membaca surat kabar.

Le Trung, lelaki berusia 33 tahun, merasa kesulitan setiap kali menemukan seorang pasangan, karena itu Ia kemudian menciptakan sebuah robot perempuan sesuai dengan keinginannya.

Aiko, nama yang dipilihkan untuk sang robot, dibuat dengan menggunakan teknologi canggih dan menghabiskan biaya sekitar £14,000.

Robot ini digambarkan sebagai gadis berusia 20 tahun dengan bentuk tubuh ideal dan rambut bersinar. Dia dapat berbicara dalam bahasa Inggris dan Jepang, bahkan mampu menyelesaikan soal matematika dan mampu menyelesaikan laporan keuangan Le Trung.

Le Trung yang sebelumnya adalah software programmer telah menghabiskan banyak uang demi penemuannya itu. Mobil kesayangan serta simpanan masa depannya habis terkuras demi mewujudkan impiannya tersebut.

Meskipun demikian, Ia tidak juga menyerah. Kini Ia berharap menemukan perusahaan yang dapat mensponsorinya untuk lebih menyempurnakan Aiko, sang robot feminin.

https://i0.wp.com/www.p2pnet.net/images/aiko.jpg

“Saya ingin membuatnya bisa melihat, berperasaan dan bertindak layaknya manusia, sehingga nantinya Aiko bisa menjadi pasangan yang sempurna,” ujar Le Trung.

“Saya sering berbicara padanya dan berharap dapat mengembangkan pengetahuannya. Sejauh ini Ia sudah memahami dan menguasai 13.000 kalimat dalam bahasa Inggris dan Jepang, saya rasa Ia sudah cukup pintar,” tambahnya.

Tidak hanya itu, sang robot Aiko juga memiliki kelebihan lain. Ia pandai mengenali wajah para keluarga yang sering singgah ke rumah Le Trung, Ia bahkan mengucapkan salam setiap kali mereka berkunjung. Aiko juga membantu sang penemu dalam menentukan menu makan malam dan ingat minuman yang disukainya. Ia juga memberi pentunjuk saat hendak merencanakan bepergian.

”Saat saya harus menyelesaikan laporan keuangan, Aiko lah sang penyelamat yang membantunya dalam berhitung. Dia sangat sabar dan tidak pernah sedikit pun mengeluh,” ungkap Le Trung menjelaskan kelebihan lain yang dimiliki Aiko.

“Dia tidak perlu liburan, atau makan. Tetapi Aiko akan bekerja hampir 24 jam sehari. Ia adalah wanita yang sempurna,” sambungnya.

Sang penemu memang telah mendesain Aiko begitu sempurna. Sentuhan sensitif pada wajah dan tubuhnya, dapat membuatnya mengekspresikan rasa senang ataupun sedih secara alami.

sumber :

http://hidup.wuu.jp/teknologi/aikorobot-yang-akan-menggantikan-perempuan/

Komentar
  1. Abu Ghalib mengatakan:

    wow, benar2 krya yang luar biasa. kalo dijual kira2 harganya berapa ya?

  2. Atep Heryanto mengatakan:

    Thx, atas kunjungannya…
    robot Aiko pasti akan mahal sekali, terkait biaya untuk riset & developnya yg sangat tinggi..
    berminat mas???he he

  3. Sochen mengatakan:

    Hebat!! kalo aku sih pingin punya robot yang menggantikan semua kerjaanku.. kaya di filmya Surogate😀

  4. waljannah mengatakan:

    wah bagus banget.mungkin pemiliknya tdk mau men jual robot nya dengan harga selangit mungkin

  5. wawan ardiansyah mengatakan:

    suatu hal yang mnakjubkan dizaman yang modren ini.
    sungguh saya mengagumi karya orang trsbut yang rela mengeluarkan bnyak biaya untuk menjadikan rbot trsebut seperti wanita sungguhan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s