BELAJAR MENGGAMBAR : Cara menggambar pemandangan alam

Posted: Februari 28, 2010 in Dunia Seni, Seni Rupa

Langkah yang harus dipersiapkan saat menggambar pemandangan

PERSIAPAN
  • Setiap ada kesempatan untuk berlibur ke luar kota, jangan lupa persiapkan buku sketsa dan peralatan gambar.
  • Banyak obyek pemandangan alam yang indah dan menarik, sayang jika kesempatan ini sampai terlewatkan.
  • Tempat-tempat yang di kunjungi ke dalam bisa di simpan dalam sketsa gambar
  • Kamu bisa memulai dengan mencari obyek pemandangan yang terbuka.

LANGKAH DALAM MENGAMBAR

  • Buatlah beberapa sketsa kasar untuk mengatur komposisi gambar.
  • Gambarlah secara keseluruhan, hindarkan untuk ingin menggambar secara detail.
  • Pertimbangkan obyek-obyek gambar yang mau kamu masukkan dan keluarkan ke dalam sketsa.
  • Bila berkonsentrasi dan menikmati pemandangan di sekiatr,  akan ditemukan berbagai jenis pohon, bukit, gunung, sungai, perumahan, sawah, dan lain-lain.
  • Semuanya bisa menjadi obyek gambar yang menarik
  • Langit dan awan merupakan satu bagian dari pemandangan, karena itu tetap perhatikan cuaca, pergerakan dan bentuk awan.
  • Setlah keindahan alam dapat dinikmati dalam alam bawah sadar, maka jangan ragu untuk segera mencorret coret sktesanya dalam gambar di kertas
  • Jangan berhenti bekerja sebelum semua yang dinikmati dalam alam di sekiatr kita dapat tertuang sepenuhnya dalam coretan sketsa di kertas.
  • Selanjutnya siapkan alat pendukung gambar lainnya seperti cat warna, spidol, cryon dan sebagaimnya.

Buatlah sketsa yang banyak dan lakukan dengan
cepat agar kamu bisa menggambar secara keseluruhan.
Pada latihan gambar pemandangan ini saya
menggunakan pensil 2B untuk membuat sketsa kasar.
Saya menggambar rimbunan pohon secara keseluruhan,
dan bentangan sawah yang menciptakan adanya ruang.
Saya memakai pensil 2B untuk mengarsir daerah
persawahan dan memberi tekanan pensil yang
berbeda untuk menciptakan tekstur sawah.
Ketika mengarsir bukit dan pohon-pohon rimbun, saya
memakai pensil 4B sehingga menghasilkan arsir gelap.
Saya tidak memperhatikan detail pohon, yang penting
bagaimana pohon itu menutupi daerah perbukitan,
dan ada daerah bukit yang tidak tertutup oleh pohon,
saya mengarsir dengan pensil B. Lihat bagaimana
saya menggunakan berbagai macam arsir, untuk sawah
saya memakai arsir vertikal, sedangkan daerah
perbukitan dengan arsir diagonal. Di belakang
perbukitan, awan tenang menyatu dengan pemandangan
sekitarnya, saya memakai pensil 2H.

Sumber : http://korananakindonesia.worpress.com

Iklan
Komentar
  1. isriami berkata:

    mampir yah… buat jadiin referensi TUBES… heheheheh ^_^

    seneng liat gambarna…

  2. jesh berkata:

    ada gambar poho mangga ga mas …
    buat psikotest niiee..

    🙂

  3. devie berkata:

    memang bakat menggambar harus di kembangkan supaya menjadi anak yang sukses

  4. ulfi berkata:

    waaaaaaaaaaaahhhhhhhhh bagus bget keren

  5. gambreng ariadi berkata:

    sip.. dan dua jempol.

  6. gambreng ariadi berkata:

    Mas salam kenal.. dapatkan pelajaran cara menggambar diatas dimana Mas ? soalnya anakku seneng gambar ya buat hadiahnya.. makasih , Mas !

  7. iiih
    koq w susah yah gambar pemandangan kya gini
    cra nya gimana sieh

  8. alif berkata:

    bagus manttttttttttttttttaaaaaaaaaaaaaappppppppp…………

  9. adinda rifqi berkata:

    I LIKE PAINTNG

  10. watri berkata:

    aku harus bisa sperti mas ini

  11. Risna berkata:

    very nice picture!

  12. Moh. Hasan Asari berkata:

    Terimakasih
    Gamabar anda membantu kami untuk menerangkan cara menggambar

  13. Akmah Nadia berkata:

    wahh keren jg tuh gambar ajarin lebih dlm lg donkkkk

  14. doni berkata:

    bagus sekali gambar anda

  15. doni berkata:

    gambar nya kokok itu terus gak ada yang lain. apa ya

  16. Huqo berkata:

    Bagus banget….
    Mohon ijin nyontek buat ngajarin akan yang lagi doyan ngegambar.

    Terima kasih banyak…….

  17. Evita berkata:

    It’s okay
    Cara mudah tapi hasil keren

  18. Nisha SMPN 2 Bjm berkata:

    g ada videonya ya mas biar lebih jelas ?

  19. fera berkata:

    good 😀
    saya suka , makasih yaa

  20. adjeng berkata:

    pelajaran terkeren yg aq dapat. thanx mas.. mudah dipahami bgt. pengen cpt2 nyoba. hehe. makasih bnyk bang

  21. Questbird berkata:

    ijin nyimak sampai tuntas . . .

  22. rudi berkata:

    mas mau tanya…kalo mau gambar wajah biasnya yang dgambar apaan dluan mas?
    thxs

  23. hermawansyah berkata:

    bagai mana bisa mengatur latar dalam menggambar dan cara menguasai sketsanya……..

  24. Putri anjing..... berkata:

    iseng-iseng menggambar ajjah

  25. Rizsa *_* berkata:

    cara nya mudah sekali loh…..

  26. lailatul hasanah berkata:

    saya dipilih untuk lomba mengarang dan saya disuruh mengarang smbil menggambar apa yg hrs aq lakukam saya tidak bs menggambar tlong bantu aq

  27. lailatul hasanah berkata:

    saya ingin belajar gambr

  28. lailatul hasanah berkata:

    saya tdk menggambar orang yang gi tdur

  29. keren bgt…. boleh g berbagi pengalaman?

  30. arif berkata:

    ok,dicoba tipsnya, pake sket besar dulu ya,beberapa tahap. lg pengen belajar gambar lagi neeh hehehe 😀

  31. Mai berkata:

    wwwwaaaaaahhhh……..aku sukaaa

  32. aida berkata:

    fuyooo!!!!=D

  33. aina berkata:

    catikkkkk

  34. hallo ….. bagus banget bisa gak ya,,, itu buat vita jelly drink lomba di sekolahan 03 cikoko
    🙂

  35. aduuuuh gambarnya bagus banget siapa yang buat ya…… gambarin dong hahahahahahahaha

  36. asrun sobirin berkata:

    kalo ada video nya biar lebih jelas

  37. sarif berkata:

    wow……

  38. Nanda berkata:

    hmm,,, boleh di coba.. makasih yaa ,,,….. 🙂 😀

  39. fredi berkata:

    wow… …………..
    sangat sangat bagus…

  40. bram berkata:

    askum.mas klo cra bua bentuk awan yg bner tu gmn? soalx yg msih bingungin tentang mmbwt awan-awanan!

  41. Rafif & Ibu berkata:

    Tks yaaa nambah pengetahuan dech tentang cara gambar pemandangan siipp dech ^_^ asyiikkkk

    banget klo pintar menggambar………..

  42. fitri berkata:

    Ajarin gambar yang lain doong….

  43. dika321 berkata:

    susah amat

  44. erika berkata:

    mana vidionya, biar lebih jelas jadi saya bisa ikutin caranya

  45. Sulis Eko Andayani berkata:

    tq ya…smg bisa…

  46. Qonita_adibah berkata:

    saya sudah mecobaa 😀
    Gampang kok ^^

  47. bejoo berkata:

    keren boooooooooooooooooyyyy

  48. Agung berkata:

    Keren amat, pasti lama nih bikinnya

  49. aidil zulkhan berkata:

    mantap. sy juga suka akan seni lukis, tapi saya nggak ada guru yang bisa ganjar. bisa bantu!

  50. putri berkata:

    ok..,,
    akan sy cb4..,,

  51. hanung suryo berkata:

    wahhh,mas keren thuh,,,
    sya prnah gmbar kyak gitu,tpi jdinya mlah
    yyaaaaa…..
    tau sendiri kan
    hehehe
    BAGUSSSSS BANGET MAS

  52. anjani_G.one berkata:

    kalo cara menggabar bencana alam dngan spidol bagaimana ya

  53. dimazadrianz berkata:

    wah bagus skali hasil gambarny,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s