BELAJAR DASAR MENGGAMBAR : Menguasai tehnik Arsir dan Gradasi

Posted: Maret 8, 2010 in Dunia Seni, Seni Rupa
Menguasai teknik arsir dan gradasi adalah salah satu teknik dasar menggambar dengan pensil. Arsir gradasi akan membantu ketajaman mata agar mengenal tingkat intensitas cahaya sehingga dapat melihat daerah terang dan gelap suatu obyek. Latihan arsir gradasi juga sangat membantu ketika Anda membuat bayangan dari suatu obyek.
Beberapa langkah yangharus dilakukan saat belajar Arsir :
  • Berlatih teknik arsir gradasi dapat  mulai dengan membuat satu baris kotak.
  • Jumlahnya bebas terserah  seperti gambar di bawah ini. Kemudian arsirlah setiap kotaknya dengan satu jenis ukuran pensil.
  • Contoh kotak pertama diarsir dengan pensil 2H, kemudian kotak kedua diarsir dengan pensil H, dan seterusnya.
  • Ketika mengarsir semua dilakukan dengan tekanan yang sama.
  • Lihat perbedaan intensitas gelap terang yang dihasilkan setiap pensil.
  • Kemudian arsir gradasi dapat dihasilkan dengan cara lain yaitu buatlah beberapa baris kotak seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu menggunakan beberapa jenis pensil, misalnya pensil B, 4B, dan 9B.
  • Arsirlah baris kotak bagian atas dengan pensil B, kemudian arsirlah setiap kotaknya dengan tingkat tekanan pensil yang berbeda.
  • Lihat intensitas gelap terang yang dihasilkan dengan pensil B. Kemudian arsirlah baris kotak bagian tengah dengan pensil 4B, dan berikan tekanan yang berbeda pada setiap kotaknya.
  • Begitu pun dengan baris kotak bagian bawah diarsir dengan pensil 9B dengan tekanan yang berbeda. Arsir gelap dengan tekanan paling kuat yang dihasilkan pensil B bisa hampir menyamai kualitas arsir pensil 4B, begitu pun dengan pensil 4B dengan tekanan yang kuat bisa menyamai intensitas arsir gelap 9B.
  • Dengan sedikit memberi tekanan, intensitas arsir yang dihasilkan pensil 4B bisa menyamai dengan intensitas arsir pensil B. Lakukan dengan berbagai macam jenis pensil lainnya sehingga tingkat kepekaan Anda pada intensitas cahaya dan gelap terang pada suatu obyek meningkat.
  • Latihan selanjutnya mencoba membuat komposisi bentuk dasar, kemudian pada setiap bentuk dasar memberikan arsir dengan tingkat intensitas yang berbeda. Buatlah kotak dengan berbagai ukuran dan bentuk yang sudah mengalami distorsi. Kemudian komposisikan kotak-kotak tersebut.
  • Disamping iyu juga dapat membuat komposisi bentuk dengan menggunakan bentuk dasar lainnya seperti lingkaran, segitiga, dan sebagainya. Selain itu dapat mengkomposisikan bentuk-bentuk dasar tersebut dengan cara yang berbeda.
  • Cobalah membuat berbagai macam sketsa lainnya, carilah berbagai ide komposisi bentuk lainnya, dan pilihlah sketsa yang disukai.
    Setelah membuat sketsa komposisi bentuk kotak, persiapkanlah berbagai jenis ukuran pensil, saya lebih suka menggunakan pensil ukuran keras seperti H terlebih dahulu untuk memberikan arsir terang pada kotak yang diinginkan, kemudian pada beberapa bagian masih dengan pensil yang sama saya memberikan tekanan yang lebih kuat sehingga memberikan arsir gelap.
    Setelah yakin pada kotak mana yang ingin saya arsir untuk daerah terang dan gelap maka gunakan pensil ukuran lunak seperti 2B.
  • Selanjutnya dapat melihat pada gambar dibawah dengan memberikan arsir gelap dan terang maka pada komposisi kotak terlihat ada suatu volume atau kedalaman. Pada saat menggambar suatu obyek Anda akan mengerti bahwa hanya dengan memberikan arsir gradasi gelap terang, maka obyek tersebut terlihat mempunyai volume dan intensitas cahaya yang berbeda.


Setelah membuat satu baris kotak arsirlah setiap kotaknya dengan berbagai jenis ukuran pensil misalnya 2H, H, B, 2B, dengan tekanan yang sama dapat melihat perbedaan intensitas gelap terang yang dihasilkan setiap pensil.


Buatlah beberapa baris kotak, kemudian setiap barisnya diarsir dengan pensil yang sama misalnya pensil B, tetapi arsirlah dengan
tekanan yang berbeda pada setiap kotaknya. Sehingga  akan menemukan pensil B bisa hampir menyamai kualitas arsir pensil 4B.


Latihan membuat komposisi bentuk dasar membantu melihat perbedaan intensitas gelap terang dari pensil. Carilah berbagai ide
komposisi bentuk dasar lainnya. Arsir gradasi juga dapat membedakan volume suatu obyek.

Contoh Menggambar Arsir Lampu
Kadang dapat menemukan satu jenis benda yang terbuat dari berbagai macam bahan material. Misalnya gelas ada yang terbuat dari bahan plastik, kayu, keramik. Atau kursi yang terbuat dari besi, alumunium, kayu, plastik, dan rotan.
  • Pada latihan menggambar arsir tekstur lampu, akan mencoba menggambar sebuah obyek dengan menggunakan berbagai macam arsir, sehingga dapat membayangkan kira-kira terbuat dari bahan material apa saja obyek tersebut.
  • Sebelum memulainya pilihlah salah satu objek yang menarik di sekitar Anda, kemudian gambarlah obyek tersebut dan arsirlah. Setelah itu gambar kembali obyek yang sama, kemudian gunakanlah berbagai macam arsir lainnya.
  • Seperti pada gambar lampu yand digunakan satu obyek lampu dan menggunakan berbagai macam arsir. Sehingga setiap gambar lampu menampilkan karakter bahan material yang berbeda.
  • Gambarlah berbagai macam obyek lainnya dengan menggunakan berbagai macam arsir dan tentukanlah bahan material benda tersebut.


Menggambar lampu dengan menggunakan arsir garis-garis pendek sehingga seperti menampilkan karakter
lampu yang terbuat dari bahan rotan.


Satu obyek lampu dengan berbagai macam arsir sehingga menampilkan karakter bahan lampu yang berbeda. Apakah kira-kira pada 4 gambar lampu di sebelah terbuat dari bahan material apa saja? Misalnya gambar lampu dengan arsir garis melingkar kecil-kecil lebih sesuai menampilkan karakter bahan apa? Apakah sesuai dengan kayu, besi, kain, karet,
dan lain sebagainya? Bermain-mainlah dengan imajinasi.

dari berbagai sumber
Eksplorasi Arsir Tekstur
  • Setiap benda yang ada di sekitar kita pasti mempunyai tekstur yang beraneka ragam.
  • Tekstur yang ditemukan tergantung dari material bahan yang membentuk tekstur tersebut.
  • Hanya dengan melihat, sudah dapat merasakan tekstur suatu benda, tetapi dengan merabanya maka ketajaman indra lebih meningkat.
  • Lebih dapat dirasakan tekstur dari benda tersebut. Tekstur permukaan kayu tentu saja berbeda dengan tekstur permukaan kain atau tekstur benda yang terbuat dari plastik.
  • Ketika menggambar suatu obyek, tidak cukup hanya dengan melihat obyek tersebut tetapi akan lebih baik jika memegangnya dan merasakannya. Dengan begitu mempunyai perasaan dan pemahaman atas keberadaan obyek yang Anda gambar.
  • Sebelumnya carilah benda-benda sekitar yang menarik teksturnya seperti kayu, kaca, kain, dan sebagainya.
  • Kemudian rabalah permukaan semua benda tersebut dan rasakanlah perbedaannya.
  • Setelah itu buatlah beberapa baris kotak yang ukuran dan jumlahnya bebas terserah.
  • Kemudian cobalah terlebih dahulu mengisi satu baris kotak dengan bermacam-macam arsir tanpa melihat sebuah obyek. Anda akan mengerti bahwa tanpa melihat obyek pun Anda dapat membuat berbagai macam tekstur dari arsir yang berbeda.
  • Setelah itu lihat dan rabalah tekstur berbagai macam benda. Pindahkanlah tekstur yang terlihat dalam bentuk arsir ke baris kotak lainnya.
  • Supaya latihan membuat arsir tekstur ini lebih menarik. Buatlah komposisi dari bentuk-bentuk dasar seperti gambar dibawah. Gambarlah banyak sketsa komposisi bentuk dasar
  • Gambar beberapa sketsa komposisi bentuk dasar. Setelah itu pilih sketsa dasar yang paling baik.
  • Lalu arsir dan gabungkan dengan berbagai macam arsir tekstur pada sketsa komposisi bentuk dasar.
    Walaupun menggunakan berbagai macam arsir tekstur, gambar diatas memperlihatkan kesatuan komposisi.
  • Latihan ini akan mengasah kepekaan untuk memahami suatu obyek yang memiliki ciri khas tekstur menarik, seperti tekstur kayu, bulu binatang, logam, kaca, dan lain-lain. Sehingga bisa menampilkan karakter dan tekstur obyek yang digambar pada kertas.


Berbagai macam tekstur yang dapat ditemukan di sekitar rumah Anda.


Komposisi berbagai macam bentuk dasar diarsir dengan beragam tekstur

About these ads
Komentar
  1. dedekusn mengatakan:

    Postingan menarik, pastinya bermanfaat, apalagi bagi seniman, walau sy sangat awam dgn yg beginian :)
    Salam hangat & sukses dgn Seni & teknologinya.

    • beasiswa s2 mengatakan:

      Salam kenal dari mahasiswa yogyakarta, mari kita tingkatkan dunia pendidikan di Indonesia melalui media blog ini, bersama kita tingkatkan mutu dan kualitas masyarakat, semoga tulisan anda yang bermanfaat ini dapat digunakan dengan baik oleh siapapun dengan menjunjung tinggi dan menghormati hak cipta. @ beasiswa 2010

  2. celoteh mengatakan:

    kerenn …

    kalo masalah desain …ngaku kalah dahhh … ^^”

  3. clarissa gunawan mengatakan:

    sangat berguna!
    terimakasih banyak ^^
    GBU..

  4. chokey mengatakan:

    Mohon maaf atas keterlambatan pasang linknya bro.
    Link sudah dipasang dengan achor Khanzaku…boleh nggak saya punya diganti dgn Afiliasi Bersama Chokey thx

    • Atep Heryanto mengatakan:

      ga ap2 mas…lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali..he he.
      boleh nanti saya ganti titlenya..
      alamat saya juga harap diganti ya dengan Dunia Seni & Teknologi, aja biar lebih ngena ..boleh kan…???

  5. alvin mengatakan:

    sangat berarti.. cool.. kren bangged artikelnya.. thx for your talent….

  6. andi mengatakan:

    terimakasih banyak sangat bermanfaat bagi saya pemula
    semoga bermanfaat juga bagi pembaca yang lain maupun sang penulis…

  7. devha mengatakan:

    kalau menggambar itu bagusnya pakai pensil apa yaa??

  8. Yasmin mengatakan:

    Selamat Sore Om..
    Saya pelajar klas 8 di Bandung ingin belajar menggambar. minta petunjuk. Terimakaaih

  9. thira mengatakan:

    keren sekali.pake pensil apa aja ya?

  10. darahbiroe mengatakan:

    wah gambarnya cantik n ketren banget

    Maaf lama gag silaturahim
    karena blognya kena suspend
    ayo jalin silaturahim kembali
    kerumah baruku : http://darahbiroe.com/
    ditunggu lho :-p

  11. belajar menggambar mengatakan:

    mantab bro artikelnya. gambarnya juga kinclong abis.
    sukses terus blog seni dan teknologinya.

  12. Andreas T Wong mengatakan:

    trima kasih atas sharenya di blog ini, sangat membantu dalam mengembangkan dunia pendidikan.. beberapa tulisan yang di muat, moon izin di copy paste, terima kasih banyak..

  13. yusuf mengatakan:

    Bermanfaat banget isi Blognya, bener bener lengkap penjelasannya.

  14. anggi genzou meidy mengatakan:

    kerennnnnnnnn!!!!!!!!
    saya sangat suka sekali gambar kaya’ gini..^^

  15. Susilo HP mengatakan:

    Trm kasih, membantu saya dalam hal melatih menggambar kpd anak saya. Thanks.

  16. fatma zahra mengatakan:

    gila arsirannynget.saya suka gambar tapi bisanya yang gambar gambar sedrhana.ciri khas anak anak. setelah lihat ini jadi sadar harus banyak latihan lagi

  17. kaka mengatakan:

    sederhana dan bagus.

  18. 4hacker38 mengatakan:

    mantabs mass… Kunjungan blik ya mas : http://4hacker38.wordpress.com

  19. lani mengatakan:

    aku suka faber castel

  20. henny oktaviani srg mengatakan:

    klo boleh tw, dapetin pinsil 3B 4B dst,,,. dmn y?
    kog kyknya aq gk tw..
    hehehe..
    aq taunya cuma pinsil 2B, dan 2H..

  21. erishtrin mengatakan:

    Pak punya tutorial menggambar berbagai macam garis ex: lurus, lengkung, lingkaran etc

    Bagi dunk pak,,,thanks ^^

  22. dalikum mengatakan:

    mas saya ..ingin sekali bisa menggar wajah tp saya kesulitan dalam meembuat hidung dan mata …tolong kasih tau caranya dong ?

  23. Iin A. mengatakan:

    Postingan ini sangat membantu saya belajar coloring image. Terimakasih sudah share ilmu ya….

  24. pay mengatakan:

    cr untuk mnggambar wjah yng mdah sperti apa ya,

  25. Sarah mengatakan:

    Nice

  26. eni8775 mengatakan:

    mohon ijin mas buat copy paste… buat belajar nih, mks y…infonya sangat membantu bgt buat saya belajar gambar mas

  27. Ade Nuriadin mengatakan:

    sy ingin sekali pintar menggambar…
    thq…

  28. Achirul Ul mengatakan:

    artikelnya keren lo..dapat untuk kegiatan extra kurikuler anak2..

  29. Dian Diandra mengatakan:

    wowwww,,artikelnya benar2 lengkap, mudah d pahami dan d praktekkan..mkasich atas keikhlasan dalam membagi ilmunyaa

  30. allmeria mengatakan:

    sebenernya kurang lengkap…… :(

  31. terima kasih banyak atas pelajarannya… tehnik arsiran ini sangat membantu…

  32. dewi mengatakan:

    saya senang sekali ada artikel ini, saya sangat butuh informasi tentang dasar menggambar. terima kasih ilmunya,…god bless u

  33. putri rahayu mengatakan:

    wah,,,,,
    saya jadi tau banyak mengenai tehnikmenggambar yang benar,dan denan ini,saya bisa lebih mengembangkan imajinasi saya,,,
    thank’s

  34. eko mengatakan:

    bg, mksih bget y, bisa ksh tw jnis2 cat utk mlkis gak bg?

  35. muhammad abdul latief mengatakan:

    wah pengen bisa menggambar bagus seperti itu yh
    i like to drawing

  36. ocekojiro mengatakan:

    wah,,, mantap
    Bisa kursus langsung gak mas? anak sy sepertinya berbakat namun gak ada tempat kursus yg deket n murah tentunya, hehe

  37. andi mengatakan:

    terima kasih mas ilmunya ,,, saya pemula didalam gambar menggambar, tpi ketika saya baca artikel yg di atas ada sedikit perubahan dalam menggambar … thnks mas :)

  38. laksmita57 mengatakan:

    pengen nyoba haha, makasih tipsnya :)

  39. matheus azthar mengatakan:

    trims banget mas heryanto, ini yang saya cari ….!!!!
    maaf saya baru saja kenal komputer jadi agak gaptek
    terima kasih banyak atas bantuannya.
    maju teruuss !!!! mas mudah2an kebaikan mas yanto manfaat dan beberkah.
    amieennn

  40. Vero mengatakan:

    Kerenn… Teksturnya

  41. christine mengatakan:

    Memang cool

  42. Raihan Darg Ajagh mengatakan:

    apa peluang terbesar jadi senimam itu?

  43. setyabekti mengatakan:

    siiiip deh….
    saya jd ada tambahan bahan ajar utk Sekolah dasar…
    muuuaaakaaasiiiih byk yeeeeeee….

  44. Sindi diniarti mengatakan:

    Terimakasih smua ini brguna…!!!

    • matheus azthar mengatakan:

      terima kasih banyak atas content blognya, mohon ijin ngopast untuk bahan pengajaran anak2 yg sedang sekolah.
      terima kasih banyak mas atas bantuanya
      (thius-banjarmasin)

  45. Sandi Satria Langit mengatakan:

    waah,seru,jd brsmngat…let’s draw!haha

  46. Iswahyudi mengatakan:

    terimakasih. sangat berguna bagi saya.

  47. wahyu mengatakan:

    waw .. jadi tambah cinta sama dunia menggambar meskipun saya cuma bisa mencorat coret tak jelas …

  48. adi mengatakan:

    keren mas,.,…kbetlan sya jg lg pngen blajar gambar wajah.,.agk mudeng skrang.,pngen gambar wajh biar jd lebih hdp gmbarnya

  49. freezerfananta mengatakan:

    wahhh kerenn,,, nice tips…. :D

  50. Abighozie mengatakan:

    Wah… bagus banget Mas. Saya seneng gambar tapi ndak bisa cerita, mohon ijin copy-paste ya Mas. Biar ikut menyebarluaskan ilmu yang manfaat ini. Semoga dunia seni Indonesia semakin berkembang dan penjenengan semakin sukses.

  51. wawan mengatakan:

    keren…..bertambah lagi pengetahuan menggambar saya

  52. eljihadi26 mengatakan:

    bagus banget mas..
    jadi pensil pengaruh banget yaa..
    aku aja baru pernah gunain pensil sampe 5 b, eh ternyata ada yg 9B..

  53. khoirul spensagres mengatakan:

    klo pke pnsil wrna apkh cranya ttap sma

  54. fajri mengatakan:

    banyak baca jadi banyak tahu deh………. makasih ya..
    buku islami

  55. khanza mengatakan:

    waaahhh…,benar bnar sangatt bmanfaat untuk seorang pemula sprti saya..,

  56. khanza mengatakan:

    wahhh..,!!!bnar-bnar sngatt brmanfaat skali untuk seorang pmula sprti saya…,;}

  57. khanza mengatakan:

    salam knal ya om atep..,qw panggilx om karna msih kls 7..,hehehe:}plus mkasih baxak ya atasz tips dan ilmuxx….thanks.,’]

  58. Waw kren bgt...trima ksh bnyak,salam kenal,dani bangkalan madura mengatakan:

    Waw keren bgt,trima kasih bnyak,salam knl,by dani bangkalan madura

  59. zero mengatakan:

    sangat membantu.. nice tips…

  60. Rizjal mengatakan:

    this is good information to me

  61. yeyen mengatakan:

    thank ya mas udh bgi2 ilmu,… slm yeyen f d medan

  62. Irwan mengatakan:

    hallo, enaknya di panggil apa ni berhubung umur saya masih dibawah anda pastinya, mm, gini saya ada niat mau masuk desain FSRD ITB, katanya si soalnya biasanya berhubungan dengan suasana yang aneh-aneh example”suasana dari sudut pandang lalat, mengambar suasana pasar tanpa gravitaaasi”, buat tutorialnya untuk menggambar suasana dong, please help.

  63. theo mengatakan:

    mantep, jadi bisa sedikit teknik dasar cara menggambar. best regards.

    GPS Tracker

  64. tri dtanto mengatakan:

    Izin copas ya mas… buat materi mengajar ku… tq

  65. ayu mengatakan:

    kapan ya bisa sperti anda,,,,

  66. winata mengatakan:

    Terima kasih atas postingannya, sangat bermanfaat bagi saya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s